Assalamualaikum^^ Anyeong Haseyo^^

Selamat datang di blog Claugita Andini
Komen sebanyak-banyaknya ya
Follow juga blog-ku dan nanti blog-mu juga akan di-follback
gomawo^^

Selasa, 13 November 2012

Serba-serbi Penyakit Vertigo


Serba-serbi tentang Penyakit Vertigo

Awalnya saya tidak tahu apa itu penyakit Vertigo. Yang saya pernah tahu adalah Michael Jackson pernah menderita penyakit ini. Katanya penderita Vertigo akan mengalami sakit kepala yang luar biasa. Namun ternyata gejala penyakit Vertigo tidak sesimpel yang pernah saya kira sebeumnya. Berikut ini beberapa penjabaran mengenai penyakit Vertigo yang saya dapatkan dari salah satu fanbase roleplayer (ternyata hobi bermain roleplay saya berguna, terima kasih ya Allah :* hehehe )


Vertigo
       Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hingga berhari-hari. Penderita terkadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi Vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.
       Benign Paroxysmal Positional Vertigo, merupakan penyakit yang sering ditemukan, dimana Vertigo terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari 1 menit. Perubahan posisi kepala atau biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh kebelakang, biasanya hal ini dapat memicu terjadinya episode lanjutan dari penyakit vertigo ini.
       Penyakit ini nampaknya disebabkan oleh adanya endapan kalsium di dalam salah satu kanalis semisirkularis yang ada di dalam telinga bagian dalam. Vertigo jenis ini mengerikan, tetapi tidak berbahaya dan biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Dengan tidak disertai hilangnya pendengaran maupun telinga yang berdenging.

Penyebab Vertigo
      Tubuh merasakan posisi dan mengendalikan keseimbangan melalui organ keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam. Organ ini memiliki saraf yang berhubungan dengan area tertentu di otak. Vertigo bisa disebabkan oleh kelainan yang ada di dalam telinga di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.
       Penyebab umum dari vertigo bisa berupa keadaan lingkungan, motion sickness (mabuk darat, mabuk laut), obat-obatan, alkohol, gentamisin, kelainan sirkulasi, transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vetebral dan arteri basiler, kelainan di telinga, endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam (menyebabkan Benign paroxysmal positional vertigo), infeksi telinga bagian dalam karena bakteri, herpes zorter, labirintitis (infeksi labirin pada telinga), peradangan saraf vestibular, penyakit meniere, kelainan neurologis, sklerosis multipel, patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin telinga, persarafan atau keduanya, tumor otak, dan tumor yang menekan saraf vestibularis.

Gejala dan Diagnosis Penyakit Vertigo
1. Penderita yang mengalami vertigo, merasa seperti berputar-putar atau dia merasa benda-benda yang ada di sekitarnya seperti berputar-putar.
2. Adanya gerakan mata yang abnormal merupakan petunjuk terdapat adanya kelainan fungsi pada telinga bagian dalam atau kelainan pada saraf yang menghubungkan ke otak. Gerakan mata yang cepat dari kanan ke kiri atau dari atas ke bawah disebut Nistagmus. Dengan melakukan ini, akan sangat membantu penentuan diagnosa. Nistagmus bisa dirangsang dengan cara menggerakkan kepala si penderita vertigo secara tiba-tiba atau meneteskan air dingin kedalam telinga penderita.
3. Untuk melakukan uji keseimbangan penderita, penderita vertigo bisa diinstruksikan untuk berdiri dan berjalan dalam garis lurus dengan mata yang terbuka pada awalnya, kemudian dilakukan dengan mata tertutup.
4. Dilakukan juga tes pendengaran untuk menentukan apakah ada kelainan pada telinga sehingga mempengaruhi pandangan dan keseimbangan.
5. Melakukan pemeriksaan MRI kepala dan CT-Scan yang bisa memberikan petunjuk kelainan tulang dan tumor yang bisa saja menekan saraf dengan mengambil cairan sinus telinga atau tulang belakang untuk menentukan apakah karena ada infeksi atau tidak. Apabila ada dugaan penurunan aliran darah ke dalam otak maka harus dilakukan pemeriksaan angiogram agar bisa dideteksi apakah ada sumbatan pada pembuluh darah yang mengalir ke otak.

Cara Mengobati atau Pengobatan Penyakit Vertigo
       Penyakit vertigo bisa diobati namun tergantung pada penyebabnya. Untuk vertigo ringan maka bisa diberikan obat pengurang vertigo seperti meklizin, perfenazin, dimenhidrinat, serta skopolamin. Fungsi dari skopolamin khususnya adalah untuk mencegah terjadinya motion sickness. Bentuknya seperti plester kulit dengan lama kerja hingga beberapa hari. Semua obat yang dianjurkan diatas dapat menyebabkan kantuk, khususnya bagi penderita yang telah berusia lanjut.

Cara Mencegah Vertigo
1. Perhatikan posisi tidur, yakni dengan posisi kepala harus lebih tinggi dan bangun tidur secara perlahan. Jangan melakukan gerakan yang mengejutkan setelah bangun tidur.
2. Perhatikan pergerakan leher, terutama ketika posisi mendongak.
3. Hindari makan terlalu berlebihan agar tidak terjadi penimbunan lemak dalam tubuh yang tidak bisa dikeluarkan melalui energi.
4. Vertigo bisa disebabkan oleh alergi, karena itu hindari makanan yang menyebabkan alergi.
5. Musuh utama vertigo adalah kafein yang terkandung dalam kopi, karena dapat memicu jantung berdebar dua kali lebih cepat.
6. Pemicu penyakit vertigo juga bisa karena stress, kurang tidur, pola makan yang berantakan, dan maag.
7. Migrain yang berkelanjutan bisa jadi merupakan gejala awal dari vertigo.
8. Maag kronis yang tidak segera diobati bisa menjadi penyebab pemicu munculnya vertigo.

Artikel ini dapat saya tulis berkat bantuan salah seorang admin @QuoteRP yang mau membagi pengetahuan dan pengalamannya seputar penyakit vertigo. Dia adalah salah satu dari sekian penderita vertigo. Pengalaman-pengalamannya ketika penyakit vertigo nya kambuh di kampus secara mendadak, dan dia tidak bisa melakukan apa-apa selain diam meskipun rasa sakit akibat vertigo tidak akan hilang juga meskipun penderita tidak melakukan aktivitas apapun. Jika meminum obat pun, akan menganggu aktivitas penderita terutama yang memiliki jadwal padat atau ahrus berkegiatan di luar rumah karena sebagian besar atau hampir semua obat-obatan untuk penderita vertigo dapat menyebabkan kantuk.
Namun ada juga yang bercerita bahwa penyakit vertigo yang telah 4 bulan diderita, sembuh karena ia rajin meminum obat dan melakukan saran dokter.

Ketika saya menemukan informasi seperti ini ketika sedang menyusuri RPW(Roleplayer world), saya senang. Dunia maya tempat saya melepas penat ternyata menyediakan informasi yang penting seperti ini juga. Terima kasih sebesar-besarnya saya ucapkan bagi admin @QuoteRP yang bersedia berbagi pengalaman dan pengetahuannya tentang penyakit vertigo.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati"

Sekian ^^

Ditulis oleh : Claugita Andini
Sumber : @QuoteRP


4 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus
  2. Sama-sama
    senang artikel saya bermanfaat dan bisa membantu anda
    saya mahasiswi biologi Universitas Negeri Surabaya, salam kenal :)

    BalasHapus
  3. Ingin jadi Paranormal ? Buka Praktek dan Memiliki Penghasilan Sendiri ? Ingin Mengobati diri sendiri, keluarga dan oranglain ? Ingin hidup Sukses, Lancar Rejeki ? Ingin memiliki Ilmu Pengasihan, Keselamatan, Penyembuhan ? Cukup telan Kapsul Rajjah dan Penyelarasan dari Kami dan jadilah Paranormal sekarang juga. Segera kunjungi mbahpartok.blogspot.com dan Kuasai berbagai Ilmu Gaib sesuai Pilihan Anda.

    BalasHapus
  4. Raih Keajaiban dengan CD Digitalprayer ...
    Dijual CD Digitalprayer Untuk :
    1. Meningkatkan Konsentrasi & Daya Pikir
    2. Menyejukan Hati & Ketenangan Hati
    3. Mempercepat Proses Belajar / meningkatkan Daya Serap Otak
    4. Mendatangkan Keajaiban Finansial / Mendatangkan Kelimpahan
    5. Membuat Otak Menjadi Kreatif
    6. Memberi Manfaat Meditasi
    7. Menajamkan Intuisi
    8. Meningkatkan Inner Beauty / Awet Muda / Anti Penuaan
    9. Menghentikan Kebiasaan Buruk / Bad Habit
    10. Menguatkan Daya Ingat
    11. Memunculkan Aura Cinta / Kasih Sayang, Menarik Lawan Jenis
    12. Meningkatkan Karisma dll.

    Kunjungi tokobaru99.blogspot.com

    BalasHapus